RSS

Materi SST #14 September 2013


Pembukaan
Oleh : Bapak Dr. Ing. Asnawi, S.T

Orang yang belajar di sebuah universitas adalah orang yang mempunyai ilmu dan berperan bagi Indonesia, orang yang mempunyai argument-argumen yang terpercaya, dan orang yang mengerti hukum yang berlau, semuanya saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain.

Materi 1 
Oleh: Kak Isnu Putra Pratama
1.      Visi
Manusia hidup di dunia harus mempunyai visi. Harus mempunyai visi yang jelas dan jangka waktu ditetapkan adalah hal yang perlu diperhatikan. Visi harus berkelanjutan dan evaluatif. Tanpa adanya visi maka hidup tak ada artinya. Visi harus diikuti dengan misi. Misi adalah langkah-langkah apa yang akan dilakukan untuk mencapai visi yang telah dibentuk.

2.      Organisasi
Organisasi adalah sekumpulan orang yang mempunyai visi dan misi yang sama. Organisasi adalah salah wadah “bahwa saya ada dan saya bermanfaat bagi orang lain serta dibutuhkan bagi orang lain”. Di dalam organisasi akan belajar bagaimana bertanggung jawab, bersabar, dan mengatur waktu.

3.      Mahasiswa
Mahasiswa adalah agen perubahan. Mahasiswa memiliki berbagai tipe. Mahasiswa bukan hanya dituntut bagus di bidang akademik namun juga softskill-nya. Bahkan softskill itu lebih penting daripada IPK di dalam skala prioritas perusahaan mencari seorang pekerjanya.

4.      Peran Mahasiswa Planologi
Planologi adalah multidisiplin ilmu. Jika anak sipil menghitung tebal tipis aspal untuk jalan dan anak geodesi mengukur kedataran aspal jalan tersebut maka semuanya tidak akan berjalan tanpa adanya anak planologi karena planner-lah yang menentukan di mana jalan akan dibangn. Jika anak lingkungan membuat tempat sampah maka planner-lah yang menentukan sistem persampahannya.  Jika anak arsitektur yang mendesain rumah maka anak plonologi yang akan menentukan rumah tersebut dibangun di mana. Itulah Planner, seorang leader untuk anak-anak lainnya, anak planologi harus dapat merangkul semua disiplin ilmu.


Materi 2
Oleh: Kakak angkatan 2011
All about Urban and Regional Planing
Urban?
Urban adalah kota. Kota adalah suatu ruang yang memiliki pusat kegiatan yang bukan pertaniaan dan perkebunan.(nonagraris). Kota cenderung memiliki pusat kegiatan yang lebih modern.
Regional?
Wilayah adalah suatu ruang yang melingkupi aspek administrasi dan fungsional.
Planning?
Sebuah proses untuk menentukan sebuah keputusan untuk masa depan yang lebih baik.
Urban and regional Planning?
Sebuah jurusan teknik yang mempelajari sebuah cara untuk menata kota dan wilayah dengan baik.
Teamwork makes The Dream Work adalah cara yang tepat untuk mengatasi masalah anak kost yaitu labil ekonomi dan kontroversi hati.

“Nikmati prosesnya dan sertakan Allah di dalamnya :D (Kak Isnu)."
Author Notes:
Baiklah teman-teman, mari kita rapatkan barisan menuju sebuah masa depan yang akan menjadi kenyatan. Mohon maaf jika ada kesalahan. Correct Me If I'm Wrong (CMIIW)
 : D


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar